Asas Peraturan

Didalam memahami peraturan, diperlukan asas-asas yang universal sehingga peraturan dapat diterapkan.

Asas itu berupa seperti LEX POST TERIORI DEROGAT LEGI PRIORI. Artinya “ketentuan peraturan (UU) yang baru mengenyampingkan / menghapus berlakunya ketentuan UU yang lama yang mengatur materi hukum yang sama”

LEX SPECIALIS DEROGAT LEGI GENERALI. Asas ini menentukan “ketentuan peraturan (UU) yang bersifat khusus mengenyampingkan ketentuan yang bersifat umum”. Jika terjadi pertentangan antara ketentuan yang sifatnya khusus dan yang sifatnya umum, maka yang diberlakukan adalah ketentuan yang sifatnya khusus.

LEX SUPERIORI DEROGAT LEGI INFERIORI. Didalam literatur disebutkan “ketentuan peraturan (UU) yang mempunyai derajat lebih tinggi didahulukan pemanfaatannya/penyebutannya daripada ketentuan yang mempunyai derajat lebih rendah”. Jika terjadi pertentangan antara UU yang lebih tinggi dengan yang lebih rendah, maka yang diberlakukan adalah ketentuan yang lebih tinggi.

Dengan memahami sebuah peraturan diterapkan, maka kita dapat melihat asas-asas yang telah disampaikan. Sehingga kita dapat memperbandingkan antara suatu peraturan dengan peraturan yang lainnya. Dengan demikian, maka kita melihat peraturan secara utuh. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s