Hukum Adat

Didalam regulasi di Indonesia, UUD 1945 menempatkan dan mencantumkan masyarakat hukum adat. Dengan demikian maka didalam masyarakat hukum adat terdapat hukum adat yang mengatur kehidupan sehari-hari ditengah masyarakat.

Berbagai Putusan Pengadilan di Indonesia Sudah jamak menempatkan hukum adat didalam menyelesaikan perselisihan tentang hukum adat dalam lingkungan masyarakat hukum adat itu sendiri.

Putusan demi putusan yang kemudian memuncak di putusan Mahkamah Agung yang kemudian dikenal sebagai yurisprudensi menjadi literatur didalam memahami hukum adat itu sendiri.

Misalnya didalam pewarisan di Minangkabau telah lama mengenal sistem pembagian waris berdasarkan sistem kekerabatan dari Perempuan (matrilinial). Sistem ini kemudian menjadi yurisprudensi Mahkamah Agung dan kemudian diterapkan diberbagai putusan pengadilan.

Atau sistem pewarisan berdasarkan sistem kekerabatan dari laki-laki (patrilinial) yang dikenal di Sumatera Utara. Sudah menjadi yurisprudensi Mahkamah Agung untuk menyelesaikan perselisihan pembagian waris di kalangan masyarakat adat Tano batak. Demikian seterusnya.

Penggunaan sistem hukum berdasarkan hukum adat membuktikan sistem hukum di Indonesia. Walaupun secara prinsip Indonesia mengenal sistem hukum Eropa Kontinental yang ditandai dengan istilah negara Hukum (rechtstaat), namun Indonesia juga mengenal dan mengadopsi sistem hukum Anglo saxon yang ditandai dengan istilah Negara Hukum (rule of law).

Belum lagi Indonesia juga menganut sistem hukum Islam yang ditandai dengan Peradilan Agama dengan adanya Pengadilan Agama, pembagian warisan dengan sistem hukum Islam.

Kekayaan sekaligus keunikan di Indonesia dengan mengadopsi berbagai sistem hukum baik sistem Hukum Eropa kontinental, Sistem hukum Anglo Saxon, Sistem hukum islam sekaligus juga mengadopsi sistem hukum adat membuktikan Indonesia menjadi negara yang menjadi satu-satunya negara di dunia yang begitu banyak mengadopsi sistem hukum.

Tidak salah kemudian Indonesia adalah laboratorium yang paling baik membicarakan sistem hukum yang Masih berlaku di Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s