Domisili Hukum

Didalam hukum dikenal tempat tinggal, wilayah hukum dan domisili hukum

Tempat tinggal menunjukkan tempat tinggal seseorang. Tempat tinggal akan mempengaruhi proses hukum. Dengan tempat tinggal seseorang maka secara hukum kemudian dapat dipanggil secara patut.

Baik panggilan sebagai saksi didalam perkara pidana maupun panggilan persidangan dalam perkara perdata.

Tempat tinggal yang jelas membuat proses hukum dapat berjalan dengan baik. Dengan tempat tinggal yang jelas maka memberikan hak untu proses hukum.

Dalam mengajukan pernohonan agar tidak tidak ditahan ataupun peralihan status tahanan atau dengan kata lain mengajukan permohonan tidak ditahan ataupun statut tahanan, status tempat tinggal yang jelas memberikan pertimbangan bagi penyidik. Apakah permohonan dapat dikabulkan atau tidak.

Wilayah hukum menunjukkan tempat terjadinya perkara pidana didalam hukum acara pidana. Wilayah hukum dapat menjadi pertimbangan bagi Jaksa Penuntut umum untuk mengajukan perkara kepada pengadilan negeri yang menjadi tempat terjadinya perkara pidana.

Kesalahan didalam menentukan wilayah hukum dapat menyebabkan perkara tidak dapat diterima.

Sedangkan domisili hukum adalah alamat yang dipilih para pihak sebagai tempat beroperasinya kegiatan hukum. Misalnya memilih domisili hukum dari para pihak menyebabkan kemudian yang menimbulkan masalah maka dapat menyelesaikan di wilayah hukum dari domisili hukum.

Begitu pentingnya alamat atau tempat tinggal, wilayah hukum dan domisili hukum membuat para pihak menjadi penting didalam persidangan.

Sehingga kekeliruan ataupun ketidakjelasan dari alamat ataupun domisili hukum selain mengakibatkan perkara tidak dapat diterima juga dapat menyebabkan perkara tidak dapat dilanjutkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s