Hukum Acara Perdata (3)

Setelah tahap mediasi dilalui, apabila hasil mediasi tercapai, maka sidang kemudian menetapkan hasil mediasi. Hasil mediasi dijadikan bahan para pihak untuk pelaksanaan dari mediasi.

Apabila mediasi ternyata tidak menghasilkan kesepakatan dan sidang dilanjutkan maka pemeriksaan persidangan dilanjutkan.

Tahap pertama adalah pembacaan gugatan dari pihak penggugat. Pihak tergugat kemudian diberikan kesempatan untuk menanggapi gugatan. Mekanisme ini dikenal Eksepsi.

Eksepsi berfokus terhadap bentuk gugatan, hubungan antara fakta (posita) dengan apa yang diminta (petitum).

Gugatan harus sinkron antara posita dan petitum. Apabila tidak ada kesesuaian antara posita dan petitum maka gugatan dapat dinyatakan tidak dapat diterima.

Pihak penggugat dapat menanggapi yang dikenal dengna mekanisme replik. Begitu juga pihak tergugat menanggapi yang dikenal duplik.

Setelah itu, apabila dianggap penting putusan yang harus diputuskan cepat, maka hakim kemudian bersidang untuk memutuskan perkara. Apakah yang diminta tergugat relevan dengan hukum acara maupun materi hukum.

Hakim dapat menentukan didalam putusan yang dikemudian putusan sela menyatakan apakah permohonan dari pihak tergugat dapat diterima atau tidak.

Putusan gugatan yang mengabulkan permohonan tergugat yang berkaitan dengan gugatan maka gugatan dinyatakan tidak diterima maka perkara kemudian dihentikan. Pihak penggugat dapat mengajukan proses dari awal. Baik memasukkan gugatan hingga pemeriksaan pada persidangan yang baru untuk perkaranya.

Namun apabila permohonan ditahap eksepsi kemudian ditolak, maka hakim memerintahkan agar sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan biasa.

Mekanisme selanjutnya adalah pembuktian. Dimulai dari bukti surat, saksi. Setelah itu maka para pihak diberikan kesempatan untuk membuat kesimpulan dari materi seluruh persidangan.

Setelah itu barulah hakim kemudian memutuskan perkara pokok. Didalam putusan akhir hakim harus memutuskan apakah menerima dalil dari gugatan atau menolak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s